Pj. Bupati Bone Ziarah Makam Raja Raja Bone Rangkaian Perayaan HJB ke 694 tahun 2024

News12 views

BONE (Sulsel ) — Penaaktual.co. – Merayaan Hari Jadi Bone 694 kembali Pemerintah Kabupaten Bone menggelar ziarah makam usai ramadhan dalam daerah wilayah Kabupaten Bone yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kamis, 18 April 2024.

Ziarah makam raja tersebut merupakan agenda terakhir setelah melaksanakan ziarah makam raja raja di luar wilayah Kabupaten Bone.

Pj. Bupati Bone bersama rombongan mengunjungi Lokasi pertama yaitu Situs ManurungE Ri Matajang disambut dengan teaterikal drama singkat, sesuai yang tercatat dalam sejarah munculnya Mangkau (Raja) Bone pertama Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.

Baca Juga:  Kadisdik Bone : Program PAUD HI Dapat Mendorong Layanan Pada Usia Dini

Camat Tanete Riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa di redam hingga diminta menjadi Mangkau.

Ditempat kedua, Pj. Bupati Bone beserta rombongan menziarahi makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jl. Jend. Ahmad Yani Watampone.Raja Bone ke II adalah pandai besi termasyhur di Bone pada masanya. selain itu Raja Bone ke II ini sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.

Baca Juga:  Penerimaan Anggota Polri T.A. 2024 Kapolres Bone Pastikan Prosesnya Berjalan Lancar

Di Lokasi ke III, Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone.

Sasaran ziarah makam keempat bertempat di Kompleks Pemakaman KalokkoE, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete riattang letak lokasi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung..

Baca Juga:  Atasi Permasalahan di Kampung Bajo, Pemda Bone Akan Anggarkan Pembanguan Drenase dan Penimbunan Rumah Warga Melalui Anggaran APBD 2024

Ke esokan hari nya 18 April 2024 kembali PJ. Bupati Bone dan rombongan melanjutkan ziarah makan raja di luar wilayah Kabupaten Bone.Rombongan menuju di Desa Matuju Kecamatan Awangpone dimana Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa, berada di Kompleks Makam Petta Ponggawae, merupakan Lokasi ke lima giat ziarah makam pada tahun ini.

Terakhir, Pj. Bupati Bone beserta rombongan menutup agenda ziarah makam rangkaian peringatan HJB ke-694 tahun 2024 di Kompleks makam Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka, Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone

Komentar