Kembali Kukuhkan Guru Besar, Rektor: IAIN Bone Kini ‘Panen Guru Besar

News12 views

BONE — Penaaktual.com – IAIN Bone Kembali kukuhkan dua guru besar pada Selasa, (21/5/2024). Pengukuhan ini memastikan total guru besar yang dimiliki IAIN Bone kini berjumlah sembilan orang.

Acara yang berlangsung di Ballroom Sentosa The Novena Hotel Watampone itu diawali dengan pembukaan sidang oleh Ketua Senat IAIN Bone Prof. Dr. H. M. Amir HM, M.Ag. kemudian dilanjutkan prosesi pengukuhan dan orasi ilmiah.

Pengukuhan berlangsung istimewa karena guru besar yang dikukuhkan merupakan unsur pimpinan yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Dr. Amir, M.Ag. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Arab dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Prof. Dr. H. Lukman Arake, Lc., MA.

Baca Juga:  Briptu DEDY RISALDY Harumkan Nama Polres Bone di Kejuaraan Judo Kapolri Cup 2024

Guru Besar Bidang Ilmu Fikih Siyasah.Tidak hanya itu, Prof. Dr. Abd. Mujib, S.Ag., M.Si. Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta turut hadir menyaksikan pengukuhan.

Menurut Rektor IAIN Bone Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag., ia banyak membantu sehingga kedua Wakil Rektornya hari ini bisa mencapai gelar guru besar.Prof Syahabuddin mengatakan ketika dirinya baru menjadi Rektor, guru besar hanya dua orang. Hal itu kemdian menjadi kegelisahan akademiknya dan bertekad membantu para dosen untuk mencapai gelar guru besar.

“Waktu itu hanya ada 3 tetapi salah satu Prof terlebih dulu dipanggil Allah yakni Prof Hasbi jadi total hanya 2 orang. Yang menjadi kegelisahan akademik saya bagaimana caranya patah satu tumbuh seribu. Hari ini kita sudah panen guru besar,” pungkasnya.

Baca Juga:  Melakukan Persetubuh Anak Dibawah Umur, Pemilik Counter HP Resmi Dilaporkan di Polres Bone

“Kemarin ada sekitar 29 orang Lektor Kepala diusulkan pangkatnya. Jadi ini sinergi juga dengan teman-teman kepegawaian,” lanjutnya.

Insan akademik IAIN Bone menurut Rektor patut berbangga sebab telah memiliki banyak guru besar dari beragam keilmuan. Rektor berharap kedepannya akan lahir lebih banyak lagi guru besar di bidang keilmuan yang beragam.

“Beberapa saat yang lalu kita melakukan acara penjemputan 20 doktor yang menyelesaikan studinya selama dua tahun terakhir. Luar Biasa. Kita berharap mereka ini juga bisa menjadi guru besar ke depannya,” harapnya.

Baca Juga:  Pertama di Indonesia Timur, Prodi PIAUD IAIN Bone Unggul Terakreditasi

Pj. Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, MH. turut hadir dalam acara pengukuhan. Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada IAIN Bone yang terus berusaha mengembangkan pendidikan di Kabupaten Bone.

“Semoga IAIN tetap eksis mencetak manusia-manusia paripurna dalam akhlak dan ilmu,” pungkasnya.

Terakhir, Prof Amir menyampaikan orasi berjudul USLUB TAKRĀR DALAM AL-QURAN PADA JUZ ‘AMMA (Suatu Tinjauan Balᾱgah) dan Prof Lukman berorasi dengan judul REKONSTRUKSI MAKNA JIHAD DAN PERANG SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KEJAHATAN KEMANUSIAAN PERSPEKTF SIYASAH SYAR’IYAH.

Komentar