Gelar Seminar Internasional, Kemenag Bone Harapkan Dapat Wujudkan Madrasah Mandiri, Berprestasi dan Mendunia,

News32 views

BONE – PenaAktual.com – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris MTs dan MA Kabupaten Bone baru baru ini menggelar Seminar Internasional, Jumat (5/7/2024) siang.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Al Junaidiyah Biru, Bone.bertujuan upaya mewujudkan Madrasah Mandiri, Berprestasi dan Mendunia serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guru Bahasa Inggris, Kemenag Bone.

Ketua Panitia yang juga Ketua MGMP Bahasa Inggris MTs, Sudirman, melaporkan bahwa seminar ini diikuti oleh 165 peserta yang terdiri dari 112 guru dari MTs dan 53 guru dari MA.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Prof. Dr. Ismail Suardi Wekke, Ketua STIA Abdul Haris Makassar, dan Prof. Peter John Wanner, dosen di Universitas Tohoku, Jepang. Kegiatan ini juga turut dihadiri staf Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone.

Baca Juga:  Untuk Peningkatan Kwalitas Pendidikan Pemerintah Daerah Mengalokasikan Anggaran 614 M

Ketua Pokjawas Madrasah Andi Nurbudiman dalam sambutannya,mewakili Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, membuka acara dengan menekankan pentingnya mengantarkan anak-anak untuk tampil di ajang nasional dan internasional pasca seminar ini, dan para narasumber akan memberikan panduan mengenai cara membawa anak-anak ke kancah internasional.

Iapun juga memberikan semangat kepada guru madrasah untuk mempersiapkan tahun ajaran baru 2024 dengan semangat menyongsong kurikulum baru, yaitu kurikulum merdeka.

Baca Juga:  Sinergitas Korem 141/Tp mendukung kemanunggalan TNI rakyat semakin kuat

“Jangan berhenti berinovasi, MGMP Bahasa Inggris harus tetap menjadi yang terdepan di madrasah”, ujar Andi Nurbudiman.

Herman, salah satu guru Bahasa Inggris di MTs Al-Ikhlas Ujung, yang memandu acara. memperkenalkan narasumber, pertama Peter John Wanner, warga negara Amerika yang telah menetap di Jepang selama tujuh tahun, Ia memiliki pengalaman mengajar dari tingkat TK hingga perguruan tinggi, dengan empat tahun pengalaman mengajar di perguruan tinggi.

Sementara Materi dibawakan adalah “Writing Skills in Education Setting” yang artinya “Kemampuan Menulis dalam Konteks Pendidikan.” Materi ini membahas berbagai aspek keterampilan menulis yang penting bagi siswa, guru, dan profesional pendidikan lainnya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, termasuk menulis esai, laporan, penelitian, catatan, makalah akademik, dan komunikasi tertulis lainnya yang diperlukan dalam konteks pembelajaran dan pengajaran.

Baca Juga:  Penutupan Pasar Malam APKLI UMKM Bangkit Titik 25 Disambut Antusias Masyarakat Dua Boccoe

Sedangkan pemateri ke dua , Ismail Suardi Wekke sebagai putra daerah Bone, Kecamatan Lappariaja. Ia membawakan materi “Fostering Scholarly Communication: Strategies for Teaching Academic Writing,” yang artinya “Mendorong Komunikasi Ilmiah: Strategi untuk Mengajar Penulisan Akademik.”

Diharapkan seminar ini kualitas SDM Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Bone dapat meningkat dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Komentar