Bengkel Sehat “Pangngamaseang” Begini Pesan KaHubdam XIV/Hasanuddin.

News11 views

MAKASSAR – PenaAktual.com – Hubdam XIV/Hsn sebagai bagian dari TNI AD juga melaksanakan fungsi teritorial secara terbatas sebagai satuan non kewilayahan. Hubdam XIV/Hsn berlokasi di Jl. Opu Daeng Siradju No. 420 Makassar Prov. Sulawesi Selatan.

Tugas pokok Hubdam XIV/Hsn yaitu menyelenggarakan gelar komunikasi, peperangan elektronika dan foto film militer serta konstruksi, pembekalan, pemeliharaan dan instalasi dalam rangka mendukung Tugas Pokok Kodam XIV/Hsn.

Selain melaksanakan tugas pokoknya, Hubdam XIV/Hsn sebagai bagian dari TNI AD juga melaksanakan fungsi teritorial secara terbatas sebagai satuan non kewilayahan. Kahubdam XIV/Hsn Ltk Cke I Gusti Ngurah. S., S.E membuat gebrakan yaitu dengan membuat program Bengkel Sehat “Pangngamaseang” sebagai aplikasi dari kegiatan Teritorial satuan Non Kewilayahan.

Baca Juga:  Hari Ketiga Ops Patuh, Satlantas Polres Bone Dapati 55 Pengendara Melanggar Lalin*

Bengkel Sehat ini dibuat untuk membantu meringankan keluhan sakit yang diderita oleh anggota Hubdam XIV/Hsn maupun prajurit lainnya serta warga masyarakat yang berobat tanpa di pungut biaya.

Pengobatan ini dilakukan orang Profesional asli putra Sulawesi (Opa La Ode) secara tradisional dan alternatif dengan mengedepankan kearifan lokal, “Pangngamaseang” dalam bahasa Makassar atau Sulawesi yaitu mengasihani.

Kahubdam XIV/Hsn Letkol Cke I Gusti Ngurah. S., S.E berharap dengan adanya Bengkel Sehat “Pangngamaseang” ini, setidaknya dapat mengurangi dan meringankan keluhan sakit yang di derita oleh pasien secara perlahan serta besar harapannya semoga diperoleh kesembuhan sehingga dapat beraktivitas seperti semula.

Baca Juga:  Kolaborasi 'Jaga Bersama' Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Tenaga Kesehatan dan Guru di Bone

Salah satu Mitos yang dijadikan pedoman dalam proses kesembuhan adalah adanya Keyakinan yang dibarengi dengan Niat dan Do’a dari pasien serta adanya saling percaya antara pasien dengan Terapis (orang yang membantu) Tentunya Bengkel Sehat ini bukan berarti mengabaikan pengobatan secara Medis yang ada di Rumah Sakit, namun Bengkel Sehat ini adalah alternatif penyembuhan yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang memiliki Keyakinan, tutup orang nomor satu di Hubdam XIV/Hasanuddin.

Baca Juga:  Pengurus Kormi Kab. Bone Gelar Pertemuan Untuk Persiapan Rakerkab 2024

Besar harapan dari Kahubdam XIV/Hsn Letkol Cke I Gusti Ngurah. S.,S.E dengan adanya Bengkel sehat ini setidaknya dapat membantu prajurit maupun warga yang sakit walaupun bagian kecil dari metode pengobatan yang ada di Negeri yang sangat kita cintai ini, yaitu Indonesia. Dan tentunya keberadaan TNI Hadir dan menjadi contoh serta mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Komentar