Andi Mantra Bumi : Sosok Pemimpin Kab. Bone Kedepan Mampu Menjaga Marwah Pengadereng

News38 views

BONE – PENAAKTUAL.COM – Andi Mantra Bumi yang dikenal sebagai Salah satu pemerhati budaya di Kabupaten Bone menyampaikan jika kabupaten Bone merupakan daerah yang berlandaskan dengan nilai-nilai pangadereng yang telah diwariskan dari para pendahulunya,

Ade pangaderang yang merupakan norma-norma adat memiliki lima unsur pokok yaitu Ade, Bicara, Rapang, Wari dan Sara sudah terpahat didalam sanubari masyarakat Bone yang diukir sebagai tatanan hidup bermasyarakat  dan bernegara

Selain itu juga adalah satu kesatuan yang menjadikan Bone memiliki marwah hingga tidak dipandang sebelah mata oleh daerah lain sehingga sosok pemimpin Bone kedepannya haruslah yang tunduk pada nilai kebaikan dan kebenaran serta menjaga adat Bumi Arung Palakka.

Baca Juga:  Seorang Remaja di Bone Terlibat Aksi ‘Freestyle’ Berakhir di Kantor Polisi

,Andi Mantra Bumi penuh harap pemimpin Bone kedepannya merupakan sosok pemimpin yang tidak mencederai konsep “pangadereng” karena akan merusak Marwah Bone itu sendiri.

“Mencederai konsep pangadereng sama saja dengan merusak marwahnya Bone, Yang selama ini telah dibangun, diperjuangkan dan dijaga secara bersama-sama oleh berbagai elemen masyarakat.”ujarnya Senin,(12/08/2024 )

Salah satu figur calon yang dianggap oleh Andi Mantra Bumi bisa menjaga Marwah dan memajukan kabupaten Bone, yakni H Andi Islamuddin, dimana pada masa menjabat Pj Bupati Bone, dirinya dianggap mampu membuka ruang bagi siapa saja terkhusus kepada pemerhati budaya.

Baca Juga:  Wakil Bupati Bone Bersama Direksi Kalla Translog & Unilever Resmikan New Concess Wall's Watampone

“Ada pesan to riolo yang mengatakan pangulu kaminang magelloe iyanaritu pangulu rekko kalena, maksudnya adalah pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang tunduk pada nilai-nilai kebaikan dan kebenaran.

Saya melihat selama masa kepemimpinan Andi Islamuddin sebagai Pj Bupati, beliau membuka ruang dengan siapa saja. Terkhusus dengan para pemerhati budaya.”

Lanjutnya, Andi Islamuddin dianggap oleh Andi Mantra akan mampu menjaga peradaban Kabupaten Bone. “Beliau sangat antusias dengan Aksi kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat yang menginginkan Bone  berbudaya.

Baca Juga:  Gelar Rotasi Pejabat Polres,Kompol Antonius Tutleta Sebagai Wakapolres Baru

Saya berharap semoga sinergitas ini tetap berlanjut kedepannya. Karena Untuk mewujudkan Bone beradat tidak cukup dengan peran pemerhati budaya namun harus disupport full oleh penentu kebijakan.  Saya pribadi akan Tegak Lurus Untuk Bone Berbudaya.” Pungkasnya

Komentar