Sepanjang 79.Meter Bendera Merah Putih di Bentangkan di Gusung Tangkulara Meriahkan HUT RI 2024

News70 views

BONE – PENAAKTUAL COM – Menyemaarakkan Hari Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Bone dan seluruh forkopimda bersama TNI Polri dan kecamatan Tanete Riattang Timur elakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 79 meter sesuai hari HUT RI di tahun 2024 ini

Pembentangan merah putih ini dilakukan di Gusung Tangkulara, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur Selasa, 27 Agustus 2024.

Pj. Bupati Bone Andi Winarno Eka Putra, SSTP., M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone dan Sejumlah instansi lainnya seperti komunitas Dinas Parawisata Bone, Politeknik Bone, Kodim 1407 Bone, Polres Bone, BPBD Bone, Basarnas Bone, dan Team 7 Bone turut berpartisipasi dalam pembentangan merah putih ini.

Lokasi Pantai Tangkulara terletak bagian Timur dari Kecamatan Tanete Riattang Timur, sekitar satu mil dari Pelabuhan Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan.Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Baca Juga:  Wujud Empatinya, Satlantas Polres Bone Kawal Jenazah Ke Lokasi Pemakaman

Pulau Tangkulara ini merupakan pasir timbul di perairan Teluk Bone, yang muncul disaat Air laut surut dan kembali hilang ketika air laut pasang Pulau Tangkulara kembali tidak terlihat.

Ketua Tim 7 Tangkulara Rusmin Igho mengatakan event ini rutin terlaksana setiap tahun dan kali ini lebih semarak lagi Karena menurutnya, jumlah komunitas kelompok nelayan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, kami mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah kecamatan Tanete Riattang Timur, ” ucap Igho.Sehingga masih kata Igho, kegiatan ini menjadi lebih meriah dari sebelumnya dikarenakan jumlah kelompok nelayan lebih banyak yang ikut.

Kegiatan pembentangan kali ini melibatkan 200 Kapal Nelayan terdiri dari 120 perahu kecil, 40 perahu sedang dan 40 perahu besar .

Baca Juga:  Ketua Bhayangkari bersama Polwan Polres Bone Melakukan Kegiatan Sosial Donor Darah di HUT Polwan ke-76,

Andi Iqbal Walinono camat Tanete Riattang Timur, mengungkapkan, Selain memeriahkan hari kemerdekaan, selain itu event pembentangan Bendera sepanjang 79 meter juga sebagai wadah memperkenalkan potensi wisata bahari yang ada di kawasan Tangkulara. Event ini kegiatan tahunan yang mulai dilaksanakan pada tahun 2018 yang diprakarsai oleh pemerintah Daerah Kabupaten Bone kerjasama dengan Tim 7Ini juga menjadi inisiasi masyarakat dan tokoh Nelayan mengharapkan untuk kegiatan seperti ini digelar setiap tahunnya.

Untuk memenuhi keinginan dan hasrat masyarakat walaupun Pemerintah Daerah tidak melaksanakan masyarakat dan tokoh Nelayan tetap akan melakukan pembentangan bendera di gusun Tangkularang.

Selain itu ini juga bagian dari memperkenalkan salah satu destinasi wisata bahari yang layak untuk dikunjungi ada di kabupaten Bone. ” Melalui kegiatan pembentangan bendera ini kita harapkan bisa memperkenalkan Gunung Tangkularang kepada masyarakat luas kemudian meningkatkan wisatawan, ” Disamping itu juga dilakukan lomba semarak merah putih bagi kapal nelayan yang ikut menyemarakkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Tangkulara.”

Baca Juga:  Satlantas Polres Bone Gencarkan Bagi Brosur Dan Stiker Dihari Kelima Ops Patuh

Jadi kapalnya ini selain melakukan pembentangan ini kita juga melakukan lomba perahu hias yang dihiasi umbul umbul nuangsa Merah Putih, ”

Setibanya di lokasi , Upacara dipimpin oleh Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, S.I.K., M.H. selaku pembina upacara mengatakan pembentangan benderah merah putih 79 meter menunjukan kecintaan kita kepada bangsa Indonesia , membenagkitkan motivasi jiwa kejuangan kita .Secara bersama sama untuk menghargai para pejuang pejuang kita terdahulu

“Sebagai generasi penerus , kita mempunyai tanggung jawab untuk hadir di acara merdeka ini dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan yang produktif yakni pembentangan bendera mera putih sepanjang 79 meter” Ujar Kapolres Bone

Komentar