Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bone Untuk Pemilu Tahun 2024 Telah Ditetapkan KPU

News41 views

BONE PENAAKTUAl. COM – Setelah melalui proses yang cukup panjang, Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten Bone secara resmi ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bone Jum’at (20/9/2024).

Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui Rapat Pleno Terbuka dihadiri oleh PJ Bupati Bone, Andi Winarno, jajaran Forkopimda, Ketua KPU Bone Sulsel , Hasbullah, Ketua dan Anggota KPU Bone serta Pimpinan Bawaslu Bone.

Kegiatan ini bertujuan terpenuhinya pasal 42 ayat 1 PKPU no. 7 tahun 2024 yang akan berlangsung selama 2 hari , tgl 20 – 21 Sep 2024,

Baca Juga:  KPU Bone Perpanjang Pendaftaran PPS di 170 Desa, Berikut Nama-nama Desanya

.Ketua KPU Sulsel Hasbullah dalam sambutannya mengapresiasi jajaran KPU Bone atas kerja-kerja efektif dalam pemutakhiran data pemilih sekaligus menegaskan bahwa validasi data pemilih sudah dilakukan secara berjenjang. Bahkan turut melibatkan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Ini adalah upaya bersama dengan dirjen dukcapil , KPU RI begitupun dukcapil masing masing tingkatan, jadi untuk memastikan kalau betul2 daftar yang kami punyai dalam proses daftar pemilihan tetap ini betul betul mencerminkan daftar pemilih yang jauh lebih bersih” ujarnya

Baca Juga:  Bawaslu Bone Kunjungi Polres Bone dan Kejari Guna Lakukan Koordinasi Kelembagaan Sentra Gakkumdu

Lanjutnya “Ini komitmen kita di KPU memastikan data pemilih Pilkada Bone, bersih dari data ganda, bersih dari data TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” katanya.

Sedangkan Hasbullah sebutkan bahwa data pemilih yang tidak bersih, pasti akan mempengaruhi partisipasi pemilih.

Ketua KPU kabupaten Bone , Yusran Tajuddin saat membuka rapat pleno penetapan DPT menegaskan, penetapan DPT merupakan salah satu tahapan penting. Dan data pemilih ini menjadi acuan untuk kebutuhan logistik Pilkada.

Baca Juga:  Satlantas Polres Bone Terus Lancarkan OPS Ketupat Dengan Kunjungi Posko Angkutan Lebaran

Yusran sebutkan berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten Bone naik jika dibandingkan Pemilu 2024. Pada Pemilu 2024 lalu jumlah DPT kita 587.777 jiwa, sedangkan Pada Pilkada Bone ini, jumlah DPT kita berkisar 591.319 jiwa dan itu nanti yang akan kita plenokan,” Pungkasnya

Komentar