Rektor IAIN Bone ‘Panen’ Profesor, 4 Guru Besar Sekaligus di Kukuhkan

News293 views

BONE – PenaAktual.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone kembali menggelar rapat Senat Terbuka dalam rangka mengukuhkan guru besar, di Aula Utama IAIN Bone, Senin (26/12/2022).

Ada empat guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. A. Nuzul, SH., M.Hum Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum, Prof. Dr. H. M. Amir HM., M.Ag, Guru Besar dalam Ilmu Tafsir Tarbawi, Prof. Dr. Abdulahanaa, S. Ag., M.HI. Guru Besar dalam Ilmu Hukum Islam, Prof. Dr. Ridhwan, S.Ag., M.Ag, Guru Besar dalam Ilmu Sejarah Hukum Islam.Rektor IAIN Bone Prof.Dr.H. Syahabuddin, M.Ag diawal sambutannya mengatakan bahwa IAIN Bone panen profesor.

Baca Juga:  Perkuat Sinergitas, Rektor IAIN Bone Terima Kunjungan Silaturahmi Kasat Binmas Polres Bone

Dengan nada bangga, ia menyampaikan bahwa guru besar itu adalah uswah dan merupakan jenderal kampus.”Untuk mencapai guru besar, ada beberapa prinsip bugis yang harus dipegang, yakni attong, diattongangpi najaji. Yappong yaitu yappongangpa najaji. Accang, maksudnya amaccangengpa najaji dan Addoangll, ldiaddongeppa nabbarakka,” dalam dialek Bugis.

Ia juga mengungkapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para guru besar yang baru saja dilantik atas kontribusi lol lol telah diberikan kepada kampus.

Baca Juga:  Sidang Paripurna Istimewa Menjadi Puncak HJB ke 694 Dengan Tema 'Mattuppu Ri Ade’e Mappasanre Ri Sara’e"

Kepada dosen yang belum mencapai titik ini, Syahabuddin berpesan untuk menjadikan momen ini sebagai motivasi dan berharap tahun-tahun berikutnya IAIN Bone panen professor lagi.

Bupati Bone dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Drs. H.Andi Yusuf S.IP. MH mengatakan, hari ini adalah hari kebahagiaan dan hari luar biasa.

“Ini menjadi kebanggan saya dan seluruh masyarakat Bone. Ini merupakan peristiwa yang langka dan pertama di IAIN Bone dan bahkan di Kabupaten Bone yaitu mengukuhkan 4 Guru Besar,” ujar Yusuf.

Baca Juga:  Anggota DPR RI.Fraksi PKS Lakukan Kunjungan ke Bawaslu Kab Bone Pada Masa Reses Persidangan II tahun 2023 - 2024

Ia mengatakan, syarat menjadi professor semakin tinggi, tapi berkat semangat dan kemauan yang keras, akan terus menambah jumlah guru besar. Sebab, kata Yusuf, ini merupakan ujung tombak dalam memajukan masyarakat, bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Bone.

Ia mengajak pula untuk berkomitmen menjaga mutu akademik.Pada kesempatan itu, keempat guru besar membacakan orasi ilmiah dan menceritakan lika-liku perjuangannya sampai meraih puncak gelar akademik tertinggi. Kisah tersebut mampu menginspirasi para tamu undangan.

Komentar