Bupati Bone : Puncak HJB 693 Benda Benda Pusaka Raja Bone Akan Diarak

News, Peristiwa29 views

BONE. Sulsel – PenaAktual .com – Bupati Bone Dr H. A. Fahsar M. Padjalangi mengajak semua masyarakat Bone untuk semarakan puncak Hari Jadi Bone (HJB) 693 pada tanggal 06 Mei 2023 di lapangan merdeka jalan Petta ponggawaE kec Tanete Riattang kab. Bone

Bupati harapkan seluruh masyarakat menyaksikan proses mapappacci arajang/ Mattompang arajang pembersihan benda benda pusaka yang menjadi benda kebanggaan, benda yang punya histori , benda yang punya sakralis bagi masyarakat Bone pada puncak momen tahunan itu .

Baca Juga:  Satlantas Polres Bone Menyisir Kawasan Terminal Petta Ponggawae Kampayekan Ops Zebra

Hal ini disampaikan Bupati Bone A. Fahsar M. Padjalangi saat membuka Pameran Informasi Pembangunan Budaya dan Kuliner yang berlangsung dipelataran terminal Petta ponggawae kec. Tanete Riattang Barat kab. Bone, Selasa (02/5/2023) malam

Bukan itu saja , Bupati A. Fahsar menyebutkan jika hari itu benda benda peninggalan raja Bone Arungpalakka juga ritatta dan semuanya akan di gelar atau dikeluarkan dari Mesium arajang kompleks rumah jabatan Bupati menuju lapangan merdeka untuk memperlihatkan kepada masyarakat seperti , tombak la salaga pedang Latea Riduni, keris Lamakkawa, Alameng Tata Rapeng, dan yang paling penomenal penghargaan arung Palakka terhadap salempang emas 5 kg yang akan didampingi oleh tujuh alame / pedang dari dewan adat tujuh.

Lanjut ” Ini dilakukan sebagai bukti bahwa selama 10 tahun (kepemimpinan ) saya dan wakil Bupati Bone Ambo Dalle menjaga penuh peninggalan sejarah kebesaran kabupaten Bone ” pungkas Bupati A. Fahsar .

Komentar