Pasca Sarjana, Tiga Mahasiswa IAIN Bone Bahas Peran Ekonomi Era Digital Lewat Presentasi di ICAIS 2024

News9 views

BONE — Penaaktual com — Tiga mahasiswa Pascasarjana IAIN Bone berpartisipasi paparkan penelitian pada The 3rd International Conference on Actual Islamic Studies (ICAIS) 2024 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Makassar, Selasa (21/5/2024)

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Andi Tenri Gading Nurul Azizah, Ardiansyah dan Purwoningsih Haris dari Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Bone.

Total ada 100 presenter terpilih memaparkan penelitian pada event yang mengusung topik utama The Role of Islamic Communication in The Digital Era in Various Aspect: Education, Economics and Law itu, dimana sebelumnya peserta mengirim abstrak penelitian.

Andi Tenri Gading Nurul Azizah dengan judul paper Analysis of the Implementation SIMBA in Preparation of Financial Reports at BAZNAS of BOSOWA Regions membahas penekanan pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah khsusnya aspek pelaporan keungan di Baznas Wilayah Bosowa.

Baca Juga:  Kontingen MTQ ke XXXIII Kab. Bone Dilepas PJ. Bupati Bone. 90% Adalah Putra Putri Terbaik

“Implementasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) yang efektif akan memastikan penyusunan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu, sehingga memperkuat kepercayaan publik terhadap BAZNAS,” jelasnya.

Adapun Purwoningsih Haris menjelaskan papernya yang berjudul Peran Ganda Istri dalam Perspektif Masyarakat Bugis Kab. Bone dengan Pendekatan Ekonomi Syariah.

Ia menjelaskan patriarki yang masih dianut oleh sebagian masyarakat Bugis bukanlah warisan budaya dari masyarakat bugis itu sendiri. Hal ini dapat dilihat adanya perempuan yang pernah menjadi Raja.

Baca Juga:  Petani Bone Diberi Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Jagung Dari BBPP Batangkaluku

“Meski begitu, istri, peran, dan posisinya di tengah masyarakat merupakan masalah klasik yang dapat diatasi. Bukan hanya tentang memahami bagaimana menjadi egalitarian, tapi memahami tentang potensi yang dapat diberikan untuk pembangunan ekonomi nasional,” terangnya.

Sementara itu Ardiyansyah menjelaskan papernya Changes in Sharia Stock Investment behavior by Millennial Generation in era 5.0: Analysis Using Smart PLS.Generasi milenial menurunya merupakan generasi yang hidup dengan kecanggihan teknologi sehingga kesempatan mereka untuk mengakses pasar modal termasuk saham juga semakin meningkat.

“Namun, transaksi saham perlu diiringi dengan pengetahuan dan pemahaman mendalam karena menjanjikan pendapatan tinggi dan beresiko tinggi pula high return, high risk,” terangnya.

Baca Juga:  Bersama KPPN Watampone IAIN Bone Jalin Kerja Sama Dengan Penandatangan MOU

Pada saat parallel session presenter dibagi ke ruangan yang berbeda, Andi Tenri Gading dan Purwoningsih terpilih sebagai Best Presenter. Selanjutnya semua paper yang telah dipaparkan akan dipublikasikan pada Proceeding ICAIS 2024 Vol. 3.

Ardianysah mengatakan banyak pengalaman yang ia dapat selama mengikuti kegiatan itu terkait dunia akdemik.”Harapan untuk teman-teman mahasiswa. Ketika ada kegiatan-kegiatan seperti ini agar ikut serta mengirim artikelnya karena potensi yang teman-teman miliki sangat besar dan yang paling penting berani untuk mencoba,” ujarnya.

Komentar