KPU Bone Tekankan Pentingnya Keselarasan Visi-Misi Paslon dengan RPJPD Saat Pendaftaran Pilkada 2024

Politik26 views

BONE – PENAAKTUAL.COM -.Sosialisasi Persiapan Visi Misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).Bone yang berlangsung di Hotel Novena dihadiri akademisi dari Pimpinan Perguruan Tinggi, Swasta Kabupaten Bone, Pimpinan Partai Politik Kabupaten Bone, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Bone, Media Cetak dan Elektronik Kabupaten Bone.Rabu(31/7/2024)

Sosialisasi ini membahas tentang bagaimana kedepan bupati dan wakil bupati yang terpilih nantinya melaksanakan rencana program jangka Panjang daerah (RPJPD) untuk Kabupaten Bone.

Kegiatan ini sangat penting karena menjadi rangkaian yang harus dipersiapkan pasangan calon yang diusung partai politik pada Pilkada 2024, hal itu di ungkapkan Plh Ketua KPU Kabupaten Bone Abd. Asis

Baca Juga:  Meski Caleg Pendatang Baru, A. Harun Siap Bertarung di Pileg 2024

Partai politik yang mengusung pasangan calonnya menyampaikan bahwa pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bone harus penyesuaian visi misinya dengan rencana program jangka panjang daerah(RPJPD) kabupaten Bone,”kata Abd.asis, Bahkan kata dia, penyesuaian visi misi pasangan calon dengan RPJPD Kabupaten sudah tetuang dalam edaran Kemendagri dan PKPU.

Komisioner KPU Bone Kadiv Teknis Penyelenggaraan Zainal“Partai politik ini yang akan memberikan calon kepala daerahnya bahwa visi misi yang dibuat yang akan dituangkan itu harus sesuai dengan RPJPD.saat mendaftar pada tanggal 27-29 Agustus 2024 mendatang. Ini penting karena ini amanat UU,” ujarnya.

Baca Juga:  Diduga Sarat Kecurangan Dalam Seleksi PPK, Komisioner KPU Bone Akan dilaporkan di DKPP

“Visi misi harus selaras dengan RJPD yang ada di Kabupaten Bone itu sudah tercantum dalam PKPU nomor 8 tahun 2024,” tambah Zainal. Jadi pasangan calon akan menyetor draf visi misi dan akan diverifikasi nantinya,jadi melalui partai politik bisa disampaikan diingatkan kepada pasangan calon,” jelasnya

Dalam paparannya, Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Dr.H. Ade Fariq Ashar, SSTP, MSi, dalam menjawab beberapa pertanyaan pertanyaan para peserta menyatakan bahwa RPJPD berisikan target pencapaian untuk kepala daerah berikutnya. Itu sudah diatur sesuai masalah yang ada di masyarakat.

Baca Juga:  Wujudkan Pemilukada Damai, Pj. Bupati Bone Membuka Rakor Pengamanan Pemilu 2024

“Ada target yang dicapai seperti peningkatan pendapatan, penurunan angka kemiskinan, masalah lingkungan. Itu adalah semua agenda lima tahunan yang harus dicapai lewat visi misi nanti,” ujarnya.

“Termasuk ada juga isu-isu strategis yang harus diperhatikan seperti kondisi ekonomi yang tidak menentu, perubahan iklim, dan bonus demografi,” tambah Ade Fery

Sosialisasi ini dihadiri akademisi dari Pimpinan Perguruan Tinggi, Swasta Kabupaten Bone, Pimpinan Partai Politik Kabupaten Bone, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Bone, Media Cetak dan Elektronik Kabupaten Bone.

Komentar