Kapolres Bone Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Nasional15 views

BONE – PENAAKTUAL.COM – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Manurunge, Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Selasa, (01/10/2024) dihadiri Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, SIK.,MH

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Bone Andi Winarno Eka Putra dan turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kasat Reskrim Polres Bone, Kasat Narkoba Polres Bone dan Kasat Intelkam Polres Bone.

Pada Kesempatan tersebut, Kapolres Bone menyampaikan bahwa, Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen penting untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI.

Baca Juga:  Bupati dan Wakil Bupati Bone Raih Penghargaan Adhikarya Pertanian Dari Wakil Presiden RI

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965. Korban G30S/PKI terdiri dari enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI AD,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres Bone menjelaskan bahwa, Pancasila sebagai dasar negara merupakan ideologi yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Peringatan ini memiliki makna yang mendalam, yaitu penguatan kembali ideologi Pancasila setelah adanya upaya pemberontakan dari PKI pada 1965.

Baca Juga:  Anggaran Pasukan 70 Anggota Paskibra Kab. Bone Minim

“Pancasila tetap menjadi dasar negara yang kokoh dan tak tergantikan meskipun ada berbagai tantangan dan ancaman terhadap persatuan dan keutuhan bangsa,” Jelas Kapolres Bone.

Kapolres Bone juga mengajak seluruh personel untuk memaknai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

.“Upacara ini juga menjadi momen untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan personel Polres Bone. Untuk itu mari kita maknai kembali nilai-nilai utama dalam Pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa dan menjaga persatuan,” Ajaknya

Baca Juga:  Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Berlangsung Khidmat di IAIN Bone

.Kapolres Bone berharap, seluruh personel yang hadir dalam upacara ini dapat terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, serta menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Bone

.”Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, tidak hanya menjadi peringatan sejarah bagi bangsa Indonesia, tetapi juga menjadi pengingat akan pentingnya menjaga keutuhan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan”, Terangnya.

Komentar