Minimalisir Kasus AIDS/ HIV, Ambo Dalle Meminta Pencegahan Penanggulangan Secara Komprehensif

News11 views

BONE – Penaaktual .co. – Dalam upaya Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Bone menggelar pelatihan Warga Peduli AIDS (WPA) Peserta terlibat secara langsung adalah WPA itu sendiri dari beberapa perwakilan Kecamatan di Kab. Bone yang digelar disalah satu hotel dihadiri Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle MM, Selasa (29/11/2022)

Ambo Dalle didampingi Ibu Asia, Sekretaris KPA kabupaten Bone Andi Salahuddin menyebutkan dalam 5 tahun terakhir, penyebarannya sudah terjadi hampir seluruh kecamatan

Baca Juga:  Hari ke-14 Ops Keselamatan, Satlantas Polres Bone Kedepankan Sosialisasi

“Bone ada 27 kecamatan, 1 saja kecamatan sudah 27 kasus belum lagi andaikata kalau 1 desa 1kasus bisa dibayangkan ada 300 lebih ” Ujar Ambo Dalle

Kemudian dalam laporan yang ada, Ambo Dalle menyebutkan tahun 2017 ada 27 kasus dengan jumlah kematian 6 orang lalu 2018, 45 kasus jumlah kematian 16 orang berarti meningkat lagi bahkan 2 kali lipat peningkatannya.

Ditahun 2019, 65 kasus jumlah kematian 27 orang dan tahun 2020, 75 kasus dengan jumlah kematian 20 orang,

Baca Juga:  Hutan Pinus Lapri , Menjadi Lokasi Pembubaran Panitia "KITA 88"

Ditahunn 2021 memang kasusnya mulai menurun ada 17 orang diharapkan tahun 2022 terus menurun tentu hal ini tidak lepas dari kerja2 KPA, pertemuan lintas sektor

Secara akumulatif sepanjang 2017 hingga 2021, tercatat 278 kasus, 207 kasus HIV dan 71 kasus AIDS masyarakat kab. Bone yang terjaring dan menjadi penyintas HIV/AIDS.

“Penyakit ini susah dideteksi, apabila tidak dilakukan pencegahan penanggulangan secara konprensif maka ini akan bertambah terus ” kata ambo Dalle

Disebutkan pula bahwa kasus AIDS/ HIV tersebut tidak boleh hanya fokus pada masalah kesehatan, penyebab paling tinggi dampaknya adalah masalah sosial.

Baca Juga:  Pagelaran Disdik Bone Festival Salah Satu Rangkaian Momentum Perayaan Hardiknas

“Jadi saya minta para peserta WPA (Warga Peduli AIDS) setelah pulang agar di implementasikan karena yang ikut pelatihan ini adalah ujung tombak terdepan ” pungkasnya.

Giat ini dihadiri dr. Kasmawar Abbas DK, S. Ked, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementrian Agama Bone Ahmad Yani selaku pemateri.

Komentar