BP2MKHP Makassar Gelar Bintek , A. Akmal Pasluddin Harapkan Disosialisasikan Secara Luas Kemasyarakat,

News11 views

BONE (Sulsel) – Penaaktual.com – Pentingnya Kesadaran dan Pemahaman Masyarakat Akan Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan menjadi salah satu kegiatan Bintek BP2MKHP Makassar

Sebanyak 228 orang pelaku utama yang berasal dari nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar serta penyuluh perikanan mengikuti bimbingan teknis dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas, pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang produk perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Lamurukkung, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Senin, (16/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Baharuddin, Kepala BP2MKHP Makassar Sitti Chadidjah bersama jajarannya.

Baca Juga:  15 Pejabat Fungsional Guru Lingkup Kemenag Bone Dilantik

Kepala BP2MKHP Makassar Sitti Chadidjah mengungkapkan bimtek yang dilakukan ini dalam upaya meningkatkan kesadaran pemahaman dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya mutu dan keamanan konsumsi hasil perikanan.”Kita bekali Pelaku utama, baik nelayan, pembudidaya, maupun pengolah ikan akan pentingnya upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ikan karantina (HPIK),” ungkapnya.

Sementara itu, Legislator Fraksi Partai PKS, Andi Akmal Pasluddin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BP2MHKP Makassar yang telah melaksanakan bimtek untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku utama kelautan dan perikanan.

Baca Juga:  Kelulusan Siswa SMAN 1 Bone Disambut Haru dan Bangga Oleh Para Dewan Guru

“BP2MHKP Makassar dapat hadir di masyarakat dan bersinergi dengan stakeholder perikanan agar kedepannya hasil-hasil bimtek dapat disosialisasikan secara luas kepada masyarakat” ucap Anggota Banggar DPR RI ini.

Sekedar diketahui, pada bimtek tersebut, BP2MHKP Makassar menyampaikan materi tentang Perkarantinaan Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan untuk peningkatan ekspor yang disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Kesehatan Ikan, Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Sri Rahayu Setyaningsih.

Baca Juga:  Bupati dan Wakil Bupati Bone Melepas 212 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama di Dua Tempat

Selanjutnya, materi kedua yakni Cara Penanganan dan Pengolahan Ikan yang Baik di Supplier dan Cara Karantina Ikan yang Baik oleh fungsional PHPI Wara Zakaria Sapan.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan sertifikat bimtek dan tumbler kepada peserta sebagai bentuk kampanye dan edukasi pengurangan plastik pada pelaku utama kelautan dan perikanan.

Komentar