Expo KKN IAIN Bone 2023 Pamerkan Ratusan Hasil Produk Dari Desa,

News3 views

BONE – Penaaktual.com – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Bone tahun 2023 pamerkan produk yang dihasilkan selama 45 hari melaksanakan KKN, di Indoor Lapangan Futsal IAIN Bone, Senin (25/9/2023).

Sebanyak 215 produk dengan beragam olahan aset yang ada di desa dipamerkan pada kegiatan yang bertajuk EXPO KKN IAIN Bone 2023 itu.”Alhamdulillah, mahasiswa KKN kita hari ini sangat prdouktif dan inovatif. Menghasilkan karya-karya nyata di lapangan dan mendapat apresiasi dari masyarakat,” ujar Prof. Syahabuddin Rektor IAIN Bone dalam sambutannya.

Baca Juga:  Bawaslu Bone Kunjungi Polres Bone dan Kejari Guna Lakukan Koordinasi Kelembagaan Sentra Gakkumdu

Ia mengapresiasi produk yang dihasilkan mahasiswa dan berharap kepada Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) selaku yang membidangi untuk memfasilitasi agar produk mahasiswa bisa dipasarkan dan berkelanjutan.

“Kalau perlu kita buatkan pasar. Agar kreatifitas mahasiswa bisa juga menjadi income untuk kampus apalgi IAIN Bone akan beralih dari SATKER PNBP menjadi BLU,” jelasnya.

Senada dengan itu Ketua Badan Pelaksana KKN IAIN Bone Syamsuriadi, S.Sos., M.Si mengatakan semua produk yang dihasilkan mahasiswa akan diuruskan penerbitan sertifikasi halal.”Jadi insyaallah semua akan terbit produk halal. Karena ini memang juga salah satu program kementerian,” kata Syamsuriadi.

Baca Juga:  Satlantas Polres Bone Tindak Puluhan Pelanggar Lalulintas Tak Pakai Helm

Ia menjelaskan bahwa produk-produk mahasiswa KKN sangat membantu Desa dalam menemukan potensi yang dimiliki Desa. Menurutnya KKN IAIN Bone mendapatkan apresiasi tinggi dari seluruh Kepala Desa.

“Banyak KKN yang sudah datang ke desa-desa, tiap tahun ada dari perguran tinggi tetapi IAIN Bone mendapat apresiasi sendiri dari seluruh Kepala Desa bahwa bisa membuat inovasi dan perubahan,” tegasnya.

Keberhasilan itu menurutnya tidak lepas dari metodolgi Asset-Based Community Development yang diterapkan. Sebuah pendekatan pemberdayaan masyarakat yang fokus pada aset dan kekuatan yang dimiliki Desa bukan pada masalah.

Baca Juga:  Andi Akmal Pasluddin Sampaikan Rahasia APBN Pertanian Turun, Tapi Produksi Pertanian Naik

Kegiatan juga dirangkaikan dengan penarikan peserta KKN secara resmi oleh Rektor IAIN Bone.Untuk diketahui, KKN IAIN Bone tahun 2023 diikuti sebanyak 1.235 peserta yang tersebar ke 114 Desa, 12 kecamatan di Kab. Sinjai, Kab. Wajo dan Kab. Bone. Selain itu ada juga peserta KKN Nasional Moderasi Beragama 10 orang, KKN Nasional Kolaborasi 12 orangn dan KKN Mandiri 9 orang.

Komentar